31 May 2013

Supaya tanggal tua tidak merana

Dengan merencanakan keuangan, siapa pun bisa terbebas dari lilitan ikat pinggang yang semakin kencang di tanggal tua. Ikuti saja beberapa tips Mandy Seay, seperti dikutip laman quickeasyfit.comberikut ini: 

 

Biaya yang tak perlu 

Setop saja masa berlangganan majalah yang tak pernah Anda baca atau saluran TV berbayar yang tidak pernah Anda tonton. Biaya listrik juga bisa dihemat. Caranya mudah. Matikan seluruh peralatan elektronik yang sudah selesai digunakan. Ketika akan membeli perlengkapan rumah tangga, carilah yang konsumsi dayanya tidak terlalu besar. 

 

Tagihan telepon 

Berapa pengeluaran bulanan Anda untuk alat komunikasi? Jika tagihan ponsel mulai terasa memberatkan, coba cari operator lain yang menawarkan tarif lebih murah. Selain itu, layanan VoIP, seperti Skype, juga dapat dimanfaatkan untuk memangkas tagihan ponsel. 

 

Makan di luar 

Terlalu sering makan di restoran akan membuat dana di tabungan cepat menipis. Jumlah uang yang bisa dihemat cukup signifikan hanya dengan mengendalikan selera makan. Berhemat pun bisa dilakukan dengan membatasi jajan minuman dan camilan.

 

Susun prioritas 

Saat akan pergi belanja, susun terlebih dahulu daftar keperluan. Berpeganglah pada daftar tersebut dan dapatkan harga yang lebih rendah dengan mem beli produk grosir. Penghemat annya mungkin terlihat sedikit di awal, namun besarnya akan terasa di akhir bulan.

Sumber: Republika
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Lifestyle - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz