03 June 2014

Buah kiwi sangat baik untuk kesehatan

Jakarta (ANTARA News) - Dokter spesialis gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr Fiastuti Witjaksono, Sp.GK, mengatakan, buah kiwi, sangat baik untuk dikonsumsi guna menjaga kesehatan seseorang maupun keluarga.

Karena buah tersebut mengandung Vitamin C yang tinggi dan merupakan vitamin yang sangat penting bagi kesehatan, kata Dr Fiastuti usai meluncurkan varian terbaru - Zespri SunGold Kiwifruit di Jakarta, Senin.

SunGold Kiwifruit dengan vitamin c tiga kali jeruk nutrisi 10 kali apel memiliki rasa lebih manis saat matang dan lebih lunak serta memiliki glycaemix index yang rendah yaitu 38.

Zespri juga meluncurkan kampanye "Feel the Power of the Sun" merupakan kampanye edukatif berisikan rekomentasi mengajak masyarakat hidup lebih sehat dengan mengkonsumsi makanan nutrisi.

Menurut dia, vitamin C merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas, meningkatkan sistem imun dan mencegah berbagai penyakit, serta membentuk kolagen dan hormon yang baik bagi tubuh.

Oleh karena itu, mengonsumsi satu hingga dua kiwi per hari sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C per hari, yaitu sebanyak 75 mg, ucapnya.

Ia menambahkan, selain memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya, buah yang kaya vitamin C tersebut sangat baik untuk dikonsumsi bersama keluarga.

Khususnya ketika bersama keluarga dilakukan di luar ruangan, ujarnya.

Riset yang dilakukan oleh University of Otago menemukan bahwa mengonsumsi varian buah kiwi Gold sebanyak dua buah per hari dapat mengurangi mood yang buruk, mengurangi kelelahan dan depresi, dan dapat menaikkan semangat.

Beraktivitas di luar ruangan membutuhkan energi yang lebih banyak, sehingga mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C sangat direkomendasikan untuk meningkatkan sistem imun dan sumber energi, ujarnya.

Menurut dia, riset dilakukan kepada pria berusia 18-35 tahun yang dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama, mengonsumsi varian buah Kiwi Gold sebanyak setengah butir (53 mg), dan kelompok kedua mengonsumsi dua butir buah kiwi Gold atau setara dengan 212 mg selama enam minggu.

Setelah enam minggu, penelitian membuktikan kelompok yang mengonsumsi kiwi Gold yang kaya akan vitamin C sebanyak dua buah per hari mengalami penurunan Total Mood Disturbance (TMD) atau gangguan suasana hati, kelelahan berkurang sebanyak 38 persen, depresi berkurang sebanyak 34 persen, dan semangat naik sebanyak 31 persen.

Fiastuti menambahkan ketika di luar ruangan, cairan akan lebih banyak hilang. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk menjaga agar kebutuhan cairan tetap terpenuhi.

Buah yang kaya dengan kandungan air tersebut membantu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Dengan kondisi iklim Indonesia yang tropis, mengonsumsi buah yang mengandung banyak air sangat baikuntuk mencegah dehidrasi.

Ia mengatakan, buah Kiwi Zespri SunGold merupakan buah bernutrisi tinggi dengan angka kecukupan nutrisi yakni 18,7 (perbandingkan dengan apel 1,8 atau jeruk 8,1), yang sangat baik dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga.

Angka kecukupan nutrisi yang tinggi pada Kiwi Zespri SunGold terutama dihasilkan oleh kandungan Vitamin C dan nutrisi lainnya, yaitu serat, folat, dan potasium (angka kecukupan nutrisi ini merupakan perhitungan persentase harian (angka per 100g/RDA) dari 17 jenis vitamin dan mineral), ucapnya.

Sementara itu Manager Pemasaran Zespri untuk Indonesia, Deviana Nugraeni mengatakan, peluncuran Buah Kiwi Zespri SunGold, Zespri diharapkan dapat diserap masyarakat luas.

Peluncuran SunGold kiwi fruit tersebut bersamaan dengan diluncurkan kampanye "Feel the Power of The Sun", sebuah kampanye edukatif yang berisi rekomendasi mengajak masyarakat Indonesia hidup lebih sehat dengankonsumsi makanan bernutrisi, seperti Buah Kiwi Zespri serta menjalankan gaya hidup aktif.

Buah Kiwi Zespri dikonsumsi seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak, karena cara makannya yang praktis, yaitu cut & scoop, tinggal dibelah dua, dan nikmati kelezatannya, katanya.

Spesialis Kedokteran Olahraga dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. Ade Jeanne D. L. Tobing,Sp.KO, mengatakan menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga, harus jalankan "paket hidup sehat" yaitu dengan menjaga pola makan sehat dengan gizi seimbang dan bernutrisi,seperti buah kiwi yang kaya akan vitamin C.

Selain itu menjalankan gaya hidup aktif dengan aktivitas fisik khususnya di luar ruangan. Aktivitas fisik tanpa nutrisi yang cukup tidak akan memberi manfaat yang maksimal, demikian pula sebaliknya, katanya.

Ade Jeanne menambahkan, menjalankan aktivitas fisik bersama dengan keluarga lebih baik lagi jika dilakukan di luar ruangan. Aktivitas di outdoor bermanfaat untuk mengurangi stres, tekanan darah, detak jantung, ketegangan otot, dan meningkatkan mood.

Beraktivitas di outdoor juga dapat mengurangi risiko yang berhubungan dengan penyakit kronis, ujarnya.

Menurut dia, buah Kiwi Zespri mengandung Vitamin C, serat, asam folat, potassium, dan antioksidan lainnya. Buah Kiwi Zespri juga memiliki level GI yang rendah dan juga rendah lemak sehingga baik dikonsumsi setiap hari.

Selain itu mengonsumsi satu Buah Kiwi Zespri setiap hari dapat memenuhi kebutuhan Vitamin C harian manusia. Kandungan Vitamin C tinggi dalam Buah Kiwi Zespri. Buah Kiwi Zespri terbukti meningatkan kinerja tingkat plasma vitamin C. Vitamin C berkontribusi pada fungsi normal imunitas tubuh, tambahnya.

Memilih Buah Kiwi Zespri SunGold sangat mudah, hanya dengan menekan bagian atas dengan ibu jari, dan menekan badan buah dengan jari lainnya.

Jika terasa lunak, maka Buah Kiwi Zespri SunGold sudah matang dan siap disantap. Jika ingin rasa yang lebih manis, bisa menunggu hingga buah lebih lunak, ucapnya.

Sumber: Antara
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Lifestyle - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz