11 May 2014

5 Cara Menjadi Lebih Pintar

Ada perdebatan tentang apa sebetulnya makna pintar. Beberapa orang berpikir bahwa nilai ujian tinggi di atas rata-rata kelas adalah cerminan sejati menajdi pintar. 

Di sisi lain, ada orang yang percaya bahwa akal sehat dan bijaksana adalah cerminan dari kecerdasan. Otak memainkan peranan penting dalam menentukan level kecerdasan seseirang. 

Seseorang bisa menjadi lebih pintar dengan melakukan beberapa hal sederhana. Berikut adalah lima caranya, dilansir dari Easy Good Health, Jumat (9/5).

1. Latihan otak

Otak sama halnya dengan tubuh, memerlukan latihan dan olah raga untuk membuatnya semakin kuat. Latihan terbaik untuk otak adalah menggunakan kombinasi angka dan kata-kata, teka-teki silang, dan sudoku. 

Bagi seorang akademisi, memecahkan masalah matematika adalah cara efektif untuk menjaga vitalitas otak. Sedangkan membaca adalah cara lain yang bisa mempercantik otak. 

Cara lain, sebaiknya ubah rutinitas untuk sesuatu yang berarti bagi otak. Gunakan gaya berbeda untuk melakukan tugas. 

Misalnya, mengambil sesuatu dengan tangan kiri atau menggantinya dengan tangan kanan (jika kidal). Tugas-tugas ini akan memberikan otak tantangan baru.

2. Ubah pola pikir

Untuk menjadi cerdas, seseorang perlu mengubah pola pikir. Beberapa orang memiliki pola pikir yang tetap dan ini membuat mereka percaya tidak bisa berbuat lebih banyak. 

Karenanya, perlu untuk mengembangkan pola pikir yang memungkinkan seseorang untuk percaya bisa meningkatkan kemampuan berpikir. Keyakinan adalah hal terpenting. Karena itu yang menentukan bagaimana seseorang berpikir tentang kemampuan, dunia, dan respon terhadap sebuah tantangan.

3. Tidur cukup

Menjadi pintar membutuhkan istirahat yang cukup. Ketika otak kita tidur, maka dia akan memproses semua informasi yang diperolehnya disiang hari. Hal ini memungkinkan memori jangka pendek Anda akan berubah menjadi memori jangka panjang dan meningkatkan daya ingat anda.

Jika Anda tidak cukup tidur, maka Anda akan sulit fokus disiang harinya dan itu menganggu kecerdasan Anda. Istirahat akan meningkatkan fungsi otak dan membantu Anda lebih fokus. Jumlah jam yang Anda butuhkan sewaktu tidur juga bervariasi, enam sampai delapan jam setiap harinya.

4. Makan baik

Nutrisi yang cukup juga diperlukan untuk menjadi lebih pintar. Otak membutuhkan energi untuk bisa berfungsi lebih baik. Ada makanan tertentu yang dapat membantu untuk meningkatkan fungsi otak, seperti telur dan ikan. Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada kedua jenis makanan itu memerankan fungsinya di otak.

5. Bersemangat

Untuk menjadi cerdas, seseorang perlu mengidentifikasi segala sesuatu yang bisa membuatnya bersemangat. Semangat akan membuat mudah mengingat informasi. 

Jika bersemangat untuk topik tertentu, seseorang akan termotivasi menjadi lebih kreatif. Ia akan mencari cara yang lebih variatif untuk menemukan hal-hal baru dan membuat lebih pintar. 

Sumber: Republika
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Lifestyle - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz