25 April 2014

Tips Menanam dan Merawat Bunga Mawar

Bagi penggemar hobi berkebun, memelihara bunga mawar mungkin menjadi salah satu kolesksi. Bunga ini tidak hanya punya satu varian saja. Selain ada mawar merah, terdapat juga warna lain seperti kuning dan putih. Semuanya sangat indah saat mekar. Namun yang lebih penting dari itu, memelihara mawar mesti memahami cara merawatnya.

Ada hal yang perlu dicermati dalam menanam mawar. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

Sebagai media tanam, pilih pot yang punya ukuran besar. Ini dimaksudkan agar pertumbuhan mawar lebih baik karena tanah menyerap lebih banyak air ketimbang memakai pot kecil.
Untuk pemilihan tanah, gunakan tipe yang mudah meyerap air sehingga air tidak menggenang kala disiram. Jika pot dan tanah sudah siap, masukkan tanaman ke dalamnya dan taruh di tempat yang langsung terkena cahaya matahari.
Pada usia tanaman 1-2 bulan, penyiraman dilakukan pagi dan sore. Pada pagi hari disiram untuk bagian tanah, sorenya pada daun. Lebih disarankan penyiraman kedua dilakukan malam hari ketika matahari sudah tenggelam. Jika usia tanaman melewati dua bulan, cukup siram dua hari sekali.
Untuk melengkapi unsur hara, dapat diberikan pupuk organik. Sebelum dipupuk, gemburkan tanah lebih dulu di sekitar batang dan bersihkan dari tanaman pengganggu.
Jika ditemukan dahan atau bagian yang mengering sebaiknya segera dipangkas. Pangkas juga saat ada cabang yang tumbuhnya menuju ke arah dalam tanaman bunga mawar.


Sumber: Sidomi
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Lifestyle - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz