03 February 2013

Penyebab Mata Malas pada Anak

Mata anak sedang dalam tahap perkembangan. Hanya saja, kerap ada yang menghalangi perkembangan tersebut. Antara lain, mata malas atau ambliopia. 

Karenanya, orang tua harus mengetahui penyebab mata malas. Karena, gangguan perkembangan tersebut akan mengakibatkan penurunan pengelihatan yang cukup parah. 

"Halangan yang mengganggu perkembangan bisa jadi katarak atau refraksi seperti mata minus, plus, atau pun silinder," kata spesialis mata anak dari Jakarta Eye Center Kedoya, dr Florence Manurung, SpM, Sabtu (2/2). 

Ia menjelaskan, gangguan ini umumnya hanya mengenai satu mata. Namun kadang kala gangguan ini juga terjadi pada kedua mata. 

Otak, kata dia, terbiasa melihat sesuatu secara buram. Sehingga saat diperbaiki tidak bisa langsung melihat secara jelas. Ini yang kemudian memberikan kesan mata mengantuk. 

Normalnya pada usia empat tahun perkembangan otak yang memproses pengelihatan hampir lengkap. 

"Namun bila otak terbiasa dengan pandangan buram, maka akan sulit meningkatkan kemampuan melihat setelah perkembangan otak selesai," jelas Florence. 

Maka Florence menekankan bahwa ambliopia dapat ditangani dengan baik saat anak masih berusia di bawah empat tahun. Sebelum perkembangan otak selesai.

Sumber: Republikaonline
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Lifestyle - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz