01 February 2013

Si Buah nyengir yg sarat manfaat

Buah kelapa atau coconut adalah anggota dari famili palem. Nama coconut datang dari kata Portugis dan Spanyol yang berarti muka yang menyeringai. Karena ada tiga lubang di batok kelapa yang membentuk ekspresi wajah nyengir.

Di Indonesia buah kelapa segar dikenal dengan tiga jenis, kelapa merah, kelapa hijau, dan kelapa puan atau biasa disebut sebagai kelapa kopyor. Kelapa merah dengan warna oranye kekuningan, kelapa hijau dengan warna hijau cerah dan bagian serabut sedikit merah, dan kelapa puan dengan warna hijau pucat.

Pohon kelapa atau Cocos Nucifera bisa ditemukan di area dengan iklim tropis dan sub tropis. Kapan pohon ini tumbuh masih dalam perdebatan, tetapi ada beberapa bukti yang bisa menentukan. Seperti fosil tertua kelapa modern ditemukan di Australia dan India berumur sekitar 37-55 juta tahun dan fosil pohon palem tertua ditemukan di Amerika.

Ternyata pohon kelapa tumbuh di lebih dari 80 negara di dunia, dengan total sekitar 61 juta ton per tahun. Pohon kelapa bisa mekar sampai 13 kali dalam setahun, walaupun dibutuhkan waktu hampir setahun supaya buah kelapa bisa matang, buah baru terus diproduksi. Saat berbuah, satu pohon kelapa bisa menghasilkan 60-180 kelapa sekali panen.

Dilansir dalam Milk Delight (01/02/2013) dalam bahasa Sanksekerta pohon kelapa disebut kalpa vrisksah yang berarti lpohon yang memberikan semua kebutuhan untuk hidupr. Hal ini merujuk pada tidak hanya daging buah nya yang bisa dimakan, tetapi juga hampir semua bagian pohon dan buahnya sangat berguna.

Sabut kelapa saat ini digunakan membuat kuas, jaring, sampai menjadi salah satu bahan dalam pembuatan lipstik dan sabun. Sementara serbuk batang kelapa lebih banyak digunakan sebagai pengganti tanah untuk bercocok tanam dan pupuk organik. Batangnya juga sangat kuat sebagai kerangka bangunan.

Air kelapa yang mengandung elektrolit dan antioksidan sangat baik untuk pengganti cairan tubuh. Jadii salah satu minuman wajib para ibu hamil. Selain diminum langsung, air kelapa juga bisa difermentasi dan menghasilkan nata de coco.

Untuk dagingnya bisa keruk dan dan diparut menjadi taburan atau bahan pembuat makanan dan kue. Selain itu, perasan daging kelapa yang disebut santan terkenal dengan rasa gurih manis. Dalam santan juga terdapat kandungan minyak kelapa yang biasa digunakan untuk menggoreng sampai menjadi bahan baku permen.

Bagian lainnya seperti batok kelapa dikenal untuk membuat berbagai macam aksesoris dan berbagai perlatan keperluan rumah. Sementara bagian dalam pohon kelapa yang lembut biasanya dijadikan bahan makanan dengan dipotong tipis-tipis dan disajikan bersama salad.

Sumber: Detukfood
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Lifestyle - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz