06 May 2014

Memanfaatkan Sisa Putih Telur

Sedang punya banyak putih telur? Beragam makanan bisa dibuat menggunakan bagian putih dari telur, lho. Misalnya, untuk membuat kue bahkan agar-agar.

Erwinada dari jurusan Tata Boga Universitas Negeri Jakarta membagi tips mengolah putih telur menjadi berbagai rupa makanan. Yuk, simak tipsnya.

- Tak cuma digoreng, putih telur kukus juga sangat lezat. Cara membuatnya, masukkan putih telur yang telah dibumbui sesuai selera ke dalam wadah. Kukus hingga matang. Lalu potong-potong tipis dan sajikan. Putih telur juga enak untuk dibuat orak-arik.

- Pada cake, putih telur memberikan efek volume. Bisa juga dijadikan variasi untuk membuat agar-agar atau puding.

- Putih telur yang baik untuk membuat kue adalah yang dipecahkan pada suhu ruang. Caranya, diamkan telur selama 30 menit di ruang terbuka. Atau kalau ingin cepat, taruh telur dalam mangkuk yang berisi air hangat selama 5-10 menit. Atau jika telurnya sudah Anda pecahkan, maka taruh mangkuk yang berisi telur tadi di dalam wadah yang berisi air hangat.

- Putih telur yang bagus adalah putih telur yang masih baru. Pada telur yang baru, putih telur tampak lebih kental dan lengket dengan cangkangnya. Begitu dimasak, cairan putih telur yang sudah lama akan melebar, tidak padat seperti yang baru.

- Putih telur yang dipecahkan sudah terkontaminasi udara. Jika disimpan di lemari es, sebaiknya tidak lebih dari tiga hari.

- Jika hendak mengocok putih telur, gunakan wadah yang bersih dan tidak terkontaminasi air maupun lemak. Kotoran, air, dan lemak bisa mengakibatkan telur tidak mengembang.

- Putih telur juga bisa menjadi variasi yang cantik untuk kue kering, puding, cake, dan wafel.

Sumber: Republika
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Lifestyle - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz