04 November 2013

Minum Kopi Bisa Cegah Kanker Hati

Menurut penelitian terbaru, peminum kopi memiliki kemungkin yang lebih kecil untuk mengembangkan jenis kanker hati yang paling umum,  yaitu karsinoma hepatoselular, seperti yang dilansir dari huffingtonpost.com.

Peneliti dari Università degli Studi di Milan, Italia ini, melihat 16 penelitian yang telah diterbitkan antara tahun 1996 hingga 2012, yang mencakup data dari 3.153 kasus karsinoma hepatoseluler.

Mengonsumsi kopi dikaitkan dengan 40 persen penurunan risiko karsinoma hepatoselular, dan beberapa penelitian bahkan menunjukkan lebih dari 50 persen penurunan risiko karena minum tiga cangkir kopi sehari. "Kopi telah terbukti mempengaruhi enzim hati dan perkembangan sirosis, dan karena itu dapat melindungi karsinogenesis hati," tulis peneliti. Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Clinical Gastroenterology dan Hepatology

Konsumsi kopi dalam penelitian terdahulu juga dikaitkan terhadap penurunan risiko berbagai kanker lainnya, seperti kanker prostat, kanker mulut, karsinoma sel basal (sejenis kanker kulit) dan kanker endometrium. Namun, sebuah penelitian terbaru juga mengaitkan bahwa mengonsumsi kopi berlebihan rentan risiko kematian yang lebih tinggi untuk orang di bawah usia 55.

Sumber: Republika
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Lifestyle - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz