01 August 2013

Daftar Obat yg mesti dibawa saat mudik

Saat melakukan perjalanan panjang, kesehatan merupakan faktor yang harus diutamakan. Jika memang dirasakan kondisi tubuh mulai mengalami penurunan dan sulit untuk mencari obat, ada baiknya sudah menyiapkan untuk membawanya dari rumah. Obat apa saja yang disarankan dokter untuk dibawa saat akan mudik?

"Yang pasti wajib dibawa adalah obat yang memang sudah sejak awal diberi oleh dokternya. Misalnya orang tersebut memang sudah punya riwayat penyakit tertentu dan diberi obat oleh dokternya, maka memang sebaiknya selalu dibawa obat tersebut dan diminum sesuai aturan. Jangan karena dalam perjalanan jadi tidak minum," tutur dr Andreas Prasadja, RPSGT, yang akrab disapa dr Ade, ahli kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Kamis (1/8/2013).

Selain obat tersebut, dr Ade menyarankan untuk membawa obat lain untuk berjaga-jaga. Obat tersebut antara lain obat anti mabuk, sebab kondisi pusing dan mual yang sering disebut sebagai mabuk perjalanan ini memang paling sering terjadi. Tak hanya pada orang dewasa, tetapi juga pada anak-anak.

Obat lain yang perlu dibawa lagi adalah obat penurun demam dan pereda nyeri. Sebab, tidak akan ada yang bisa menjamin saat melakukan perjalanan yang awalnya berangkat dalam kondisi sehat maka tidak akan ada keluhan apapun. Demam bisa saja muncul jika memang di tengah perjalanan sistem imun menurun karena lelah dan terkena infeksi, baik dari lingkungan sekitar maupun dari makanan.

"Perlu diingat, pengendara sebaiknya tidak sembarangan minum obat. Beberapa obat juga harus dilihat dulu efek sampingnya, sebab sebagian kan bisa memberi efek ngantuk. Berbahaya kalau si pengendara minum obat kemudian melanjutkan perjalanan," ujar dr Ade.

Oleh karena itu, dr Ade menyarankan seminggu sebelum melakukan perjalanan untuk mempersiapkan kondisi fisik dengan tidur selama lebih kurang 6 jam. Ini dilakukan agar tubuh tetap prima, khususnya bagi pengendara.

"Jika bisa malah sebaiknya ada dua orang yang bisa mengendarai, jadi kalau salah satunya sudah lelah bisa bergantian," tegas dr Ade.

Anggota keluarga juga sebaiknya saling mengingatkan jika memang sebelum berangkat ada anggota lain yang kondisinya sedang tidak sehat, maka sebaiknya untuk berjaga-jaga bawa obat tersebut. Misalnya ada anggota keluarga yang sedang flu atau batuk, tidak ada salahnya untuk membawa obat flu dan batuk. Saran dr Ade, untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima juga sebaiknya siapkan suplemen vitamin atau madu.

Sumber: Detikhealth
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Lifestyle - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz